Puding Black Forest

by Regina

Tadaaaa… akhirnya saya kembali lagi ke dapur dan kali ini saya mempraktekkan resep puding black forest. Kebetulan ada teman Mama yang datang ke rumah dan menunjukkan cara membuat puding black forest ini. Jadi, lumayanlah saya mendapat ilmu sekaligus bisa icip-icip pudingnya :D.

Oh iya, saya memutuskan untuk menuliskan resep ini (dan juga resep klappertart) di sini hanya sebagai arsip pribadi saya. Daripada saya menuliskannya di selembar kertas atau buku, dijamin saya bakalan lupa di mana saya menuliskan resep-resep tersebut karena pasti masih lama lagi hingga tiba saatnya saya kembali masuk dapur, hihihi :P.

Bahan-bahan Puding (untuk 1 – 2 wadah)

  • 90 gram dark chocolate powder (cokelat bubuk, disarankan menggunakan Delfi agar hasilnya lebih terjamin)
  • 200 gram cokelat batang
  • 3 bungkus agar-agar (warna putih)
  • 1 kaleng susu encer
  • 1 kaleng susu kental manis
  • Β½ kg gula pasir
  • 4 buah telur, dikocok

Bahan-bahan topping (whipped cream)

  • 200 gram tepung whipped cream
  • 1 kaleng susu encer ( bisa menggunakan Bear Brand)
  • Dark sweet chocolat (batangan) secukupnya, diparut/diiris tipis

Cara membuat puding

  1. Larutkan cokelat bubuk dengan menggunakan 225 cc air hangat (1 gelas ukuran sedang).
  2. Siapkan air untuk mencampur bahan-bahan puding. Lazimnya, 1 bungkus agar-agar membutuhkan 900 cc air, atau saya menggunakan 4 gelas ukuran sedang biar lebih praktis. Jadi jika menggunakan 3 bungkus agar-agar, maka total air yang dibutuhkan adalah 12 gelas air, sudah termasuk air yang digunakan untuk melarutkan cokelat bubuk tadi.
  3. Masukkan cokelat bubuk yang sudah dilarutkan, cokelat batang, susu encer, susu kental manis, gula pasir, dan telur ke dalam wadah yang berisi air. Masak hingga mendidih, sambil diaduk.
  4. Jika sudah mendidih, tuangkan perlahan ke wadah puding dan dinginkan.

Cara membuat topping

  1. Masukkan tepung whipped cream ke dalam wadah, larutkan dengan 100 cc air es.
  2. Tuang susu encer, kemudian diaduk cepat (di-mixer) hingga mengembang selama 3-4 menit.
  3. Oleskan di atas puding yang sudah dingin, ratakan.
  4. Tabur cokelat yang sudah diparut/diiris tadi, dan puding pun telah siap disajikan.

(Untuk topping bisa ditambahkan hiasan lainnya seperti buah ceri. Agar lebih praktis, gunakan whipped cream yang instan. Tapi kalau enggak ketemu, ya apa boleh buat… buat apa yang boleh, yaitu buat sendiri whipped cream-nya dengan cara yang sudah saya tuliskan di atas, hehe.)

Hasilnya… tadaaaaa…

Terlihat simpel dan sederhana, karena waktunya mepet dan mendadak, tapi rasanya… maknyuuuuus πŸ˜€

NB: Tidak disarankan bagi yang sedang diet karena dijamin pasti ketagihan, hihihi :P.

